.

Pemilahan di TPS / Trasferdepo


Pada beberapa TPS maupun Transferdepo yang potensial menghasilkan sampah anorganik , ditempatkan beberapa personil yang khusus memilah sampah organik dan anorganik . Produk sampah organiknya dijadikan bahan baku rumah kompos , sedangkan sampah anorganiknya dijual . Pola ini sedang terus diupayakan agar volume sampah yang terbuang ke TPSA bisa dikurangi dengan cara terus membudayakan pemilahan sampah mulai dari sumbernya.
Daur Ulang : Proses pengambilan barang yang masih memiliki nilai dari sampah untuk digunakan kembali disebut sebagai daur ulang contoh kegiatan daur ulang antara lain :
  • Pemanfaatan kembali kertas bekas yang dapat digunakan untuk keperluan eksternal.
  • Plastik bekas diolah kembali untuk dijadikan sebagai biji plastik untuk dijadikan peralatan rumah tangga dll.
  •  Peralatan elektronik bekas dipisahkan setiap komponen (logam, Plastik/kabel, baterai dll) dan dilakukan pemilahan untuk setiap komponen yang dapat digunakan kembali.
  • Gelas/botol kaca dipisahkan berdasarkan warna gelas/botol  (putih, hijau dan gelap) dan dihancurkan.
Pengelolaan Biologis : Material sampah organik, seperti sisa makanan, buah, daun atau kertas bisa diolah dengan menggunakan proses biologis untuk kompos, atau dikenal dengan istilah pengkomposan. Hasilnya  adalah  kompos yang bisa digunakan sebagai pupuk dan gas methana yang biasa digunakan untuk
membangkitkan listrik.