.

Kebersihan Sungai / Saluran


PEMBUATAN SUMUR RESAPAN DI SELOKAN


Tahun 2013 Dinas Kebersihan dan Pertamanan  Kabupaten Banyuwangi membuat sumur resapan yang berada di jalan Brawijaya tujuan di buatnya sumur resapan ini salah satunya adalah untuk mengurangi debit air hujan yang masuk keselokan/kesaluran agar air hujan langsung meresap dalam tanah. Selain di jalan Brawijaya Dinas Kebersihan dan Pertamanan juga membuat sumur resapan di jalan Ahmad Yani hal ini untuk mengantsipasi melimpahnya debit air hujan yang masuk kesaluran, cara ini sangat efektif untuk mengantisipasi terjadinya banjir.






 
PEMBERSIHAN WALET

Kegiatan pengerukan saluran drainase rutin dilaksanakan setiap tahunnya, kegiatan ini di danai dari APBD Kabupaten Banyuwangi dan dilaksankan oleh pihak ketiga. Tujuan dari pengerukan ini adalah untuk mengantisipasi tersumbatnya saluran air  sewaktu hujan. Lokasi pengerukan biasanya ditentukan oleh rawannya suatu daerah akan bahaya banjir. Pengerukan saluran air dilaksanakan menjelang musim penghujan datang.

 


SATGAS NORMALISASI SALURAN

Satgas Penanggulangan banjir ini dibentuk pada bulan Januari 2012, empat bulan setelah berdirinya Dinas Kebersihan dan Pertamanan kabupaten Banyuwangi. Satgas ini beranggotakan sepuluh orang THL dari Bidang Kebersihan di bawah kendali langsung Kepala Seksi Normalisasi.

Salah satu tugasnya adalah siaga 24 jam sewaktu – waktu terjadi keadaan darurat banjir, tim ini biasanya siaga di sungai utara SMPN 1 Banyuwangi dengan di bekc up sarana pik up dan dam truk.