.

Kebersihan Jalan

 
Pemeliharaan kebersihan jalan selama ini baru terbatas untuk kota Banyuwangi , Rogojampi dan Genteng . Jumlah petugas pesapon jalan ini mencapai 377 orang . Sebagian besar mereka berstatus sebagai Tenaga Harian Lepas .
Pembagian tugasnya meliputi : Kota Banyuwangi 377 orang , Kota Rogojampi 6 orang dan Kota Genteng 6 orang .
Koordinasi kegiatan ini diawasi oleh 5 orang tenaga pengawas lapangan . Jam kerja mereka terbagi menjadi 2 ( dua ) ship antara lain pagi jam 05.00 – 08.00 dan siang hari jam 13.00 – 16.00 . Khusus jam kerja untuk pesapon yang bertugas di pasar Banyuwangi Jl. Sasuit Tubun berbeda dengan lainnya . Setiap 2 jam dilakukan pergantian petugas sehingga untuk jam 05.00 pagi sampai dengan jam 18.00 malam diperlukan 6 ship petugas . Hal ini dilakukan karena intensitas tingkat kebersihannya yang spesifik . yang spesifik dari pesapon jalan ini adalah setiap group memiliki jadual kerja bakti 1 kali dalam seminggunya yang tempatnya bergiliran . Aktivitas kerja bhakti tersebut diikuti dengan pola arisan untuk kerukunan diantara masing – masing group. Diantara pesapon jalan ini ada yang mempunyai kelebihan khusus dan sengaja diberdayakan untuk aktivitas – aktivitas lain yang mendukung kebersihan antara lain :
  • Sebagai penggerak kader pemilahan sampah organik dan anorganik di RT . Mereka ini yang mengajak ibu – ibu PKK / dasawisma untuk aktip melakukan pemilahan sampah.
  • Sebagai Tim sosialisasi kebersihan PKL , yang tugasnya ketika malam mengingatkan para pedagang kaki lima di trotoar untuk ikut menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Sebagai petugas hunting gambar foto kondisi kebersihan lingkungan . Tenaga ini secara spesifik selalu keliling kota dengan kamera ditangan . Gambar – gambar yang dihasilkan antara lain ; kondisi kotor pekarangan kosong , bantaran sungai , orang membuang sampah sembarangan atau gambar – gambar pohon – pohon penghijauan jalan yang dipotong sembarangan . Rangkaian gambar ini disajikan dalam bentuk surat kepada yang terkait sebagai bahan provokasi lingkungan .