.

BANYUWANGI ECOO SCHOOL

   
 

BANYUWANGI ECO SCHOOL

Banyuwangi Eco School (BES) adalah sebuah program pendidikan lingkungan hidup untuk sekolah menengah. Kegiatan ini baru diawali tahun 2014 dengan mengambil percontohan di 5 SMP , tahun 2015 mengambil percontohan di 9 SMP dan Tahun 2016 Mengambil percontohan di 11 SMP dalam kota Banyuwangi . Sebelumnya tahun 2011, dinas kebersihan dan pertamanan telah menyelenggarakan kegiatan pengelolahan sampah khusus untuk anak-anak SD yang di beri nama “Berangkat sekolah membawa sampah”.

Secara khusus tujuan dari Banyuwangi Eco School (BES) adalah:

1. Melaksanakan program lingkungan hidup melalui cara-cara yang edukatif, atraktif dan berkelanjutan dengan melibatkan semuan warga sekolah.

2. Mendorong sekolahan agar memiliki program unggulan lingkungan hidup, khususnya pembiasaan berperilaku rumah lingkungan dalam kehidupan sehari- hari bagi seluruh warga sekolah seperti melakukan pengelolahan sampah organic dan lain-lain.

3. Memliki tim lingkungan hidup yang dimotori oleh siswa dengan peran aktif dari guru dan kepala sekolah yang bisa menggerakan seluruh warga sekolah.

4. Memiliki im jurnalistik lingkungan hidup yang secara berkala mempromosikan rencana dan program lingkungan hidup yang telah dilaksanakan.